Journal

Ucapan Selamat Natal

Pagi itu saya bangun dan membaca KOMPAS edisi pagi, Sabtu, 19 Desember 2009 di pojok Opini

Ulasan mengenai ucapan Selamat Natal oleh Hasibullah Satrawi di halaman enam.

Berikut petikannya.

Sebagai seorang Muslim, penulis mengucapkan selamat hari raya Natal kepada saudara-saudari Kristiani dimanapun berada.

Bagi seorang Muslim, mengucapkan selamat hari raya Natal bukan hanya menjadi kesadaran persaudaraan, melainkan tuntunan keimanan yang sangat mendasar. Karena nabi Isa atau Yesus menegaskan (sebagaimana disampaikan Al-Quran), keselamatan atas diriku ketika dilahirkan, ketika meninggal dunia, dan ketika (nanti) dihidupkan kembali, Qs 19:22.

Dalam konteks Negara majemuk seperti Indonesia, ucapan selamat hari raya Natal merupakan salah satu bentuk kesadaran kebangsaan yang harus senantiasa dijaga dan dipelihara; bahwa Indonesia adadlah Negara bagi semua agama yang ada di haribaan Bumi Pertiwi; bahwa setiap pemeluk agama memiliki kebebasan untuk merayakan dan menjalankan keyakinannya; dan bahwa penganut satu agama di Indonesia harus menghormati penganut agama lain.

Well well.. pada kenyataan sekarang yang saya alami, banyak teman saya yang beragama Muslim sudah tidak lagi mengucapkan selamat Natal pada yang merayakannya. Mengapa? Karena kata mereka itu dilarang di agama mereka.

Woot woot.. saya emang ga paham bener ya agama lain, jangankan agama lain, ilmu agama saya juga ga seberapa dibanding yang lain yang seagama dengan saya, jadi saya juga ga tau apa bener di agama mereka dilarang mengucapkan salam dan sejenisnya.

Yang saya pahami, saya tersinggung dengan sikap mereka yang seperti itu. Saya sejujurnya SANGAT tersinggung. Saya yakin tidak mungkin ada agama yang melarang kerukunan umat beragama diantara sesamanya. Saya yakin sekali itu. Dengan tindakan mereka yang seperti itu, saya jadi miris.

Ah.. sudahlah.. bagi yang bersedia ngucapin, ya terima kasih banyak, bagi yang tidak, saya tahu saja anda siapa.

Terima kasih.

Semoga damai Natal sampai ke seluruh duniaaa..

Love and Peace

One thought on “Ucapan Selamat Natal

  1. Hmm.. kasi pendapat sedikit y prik..😀

    Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Natal tentu tidak perlu menjadi perdebatan panjang. Selain karena alasan historis Isa Al-masih, juga dapat membangun pemahaman tentang toleransi antar umat beragama.

    so akhirnya..
    Selamat merayakan Hari Natal ya..😀

Leave a Reply

